Instagram

Follow @raniayuna

Thursday, February 23, 2017

Tips Merencanakan Liburan Menyenangkan dan Hemat


Tips Liburan Hemat


Liburan sukses versi saya itu yang pasti menyenangkan dan tentu juga hemat ramah di kantong, karena saya dan suami suka berlibur dengan mengajak keluarga besar jadi semua wajib direncanakan dengan matang agar bisa berjalan happy dan aman terkendali (on budget).
 
Liburan itu tidak harus melancong ke luar negeri. Indonesia sangat luas dan memiliki banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi dan yang pasti, goal untuk liburan hemat bisa tercapai. Saya mau sharing beberapa tips yang bisa berguna untuk merencanakan liburan yang menyenangkan sekaligus hemat.

Salah satu contohnya adalah dengan rajin-rajin cek harga tiket maskapai seperti Lion Air. Seperti diketahui Lion Air suka memberikan harga yang lebih miring kan? Selain itu ada banyak cara lainnya, dan berikut adalah tips untuk liburan hemat dan tak membosankan.


Survey dan Riset

Nah hal pertama yang biasa saya lakukan agar tidak salah memilih tempat berlibur dan menentukan budget yang tepat adalah melakukan survey menyeluruh. Kenapa? supaya liburan kita sesuai dengan ekspektasi.

Caranya pun bermacam-macam yang paling sering melalui internet seperti review di blog dan website resmi dari tempat wisata. Cara lainnya bisa langsung bertanya langsung ke beberapa travel agent atau bergabung dengan beberapa komunitas jalan-jalan.

Cari tahu info sebanyak mungkin, mulai dari kondisi lokasi, transportasi menuju lokasi, hospitality, kuliner, dan tempat membeli oleh-oleh. Bahkan seringkali hasil dari survey itu saya menemukan diskon tiket pesawat, promo hotel, dan promo lainnya yeay!

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Ini juga wajib dilakukan, liburan hemat harus dengan perencanaan yang matang, kecuali ingin pergi dengan menggunakan mobil atau bus, hal ini tidak terlalu menjadi essensial. Namun, jika pergi dengan menggunakan pesawat, kamu harus memesan jauh-jauh hari untuk berhemat.

Traveloka


Cari agent perjalanan yang memberikan fasilitas bagus dan harga miring, seperti halnya tempat favorit saya untuk memesan tiket dan booking hotel yaitu Traveloka. Banyak Promo dan cara pesan serta pembayarannya tidak berbelit dan mudah.

Traveloka menawarkan quick promo untuk memudahkan mencari harga maskapai yang murah dan ramah di kantong. Salah satu maskapai yang biasanya memberikan tiket promo adalah Lion Air. Jadi, untuk mewujudkan liburan hemat tapi menyenangkan adalah dengan segera cek tiket Lion Air di Traveloka, coba kunjungi websitenya di https://www.traveloka.com/lion-air. Coba cek deh siapa tahu beruntung dapat harga tiket promo murah :)

Hindari high dan peak season

Seringkali kita memanfaatkan liburan saat long weekend dan long holiday. Sudah menjadi rahasia umum jika pergi pada saat musim liburan tiba harga-harga akan ikut naik. Selain itu, tempat wisata akan lebih padat dari biasanya, hal ini akan mengganggu kenyaman apalagi jika bepergian dengan anak kecil, kecuali memang termasuk tipikal traveller yang lebih senang berdesak-desakkan di tempat wisata.

Saya pun pernah mengalami berlibur dengan balita saat long weekend rasanya jadi tidak nyaman dan leluasa untuk menikmati tempat wisata karena terlalu "crowded". Jadi, saya dan suami prefer untuk memilih tanggal-tanggal liburan di luar high dan peak season. Liburan pun lebih santai dan juga hemat hehe.

Cash is the King

Lagi-lagi saya membahas uang cash seperti di postingan blog saya sebelumnya Lifestyle: Sudah siap untuk Frugal Living ?. Yaps Cash is the King di saat-saaat saya ingin mengerem hasrat untuk berbelanja karena akan membuat saya berpikir lebih "dalam" sebelum melakukan pembayaran.

Dengan membawa uang tunai secukupnya, saya merasa lebih bisa mengontrol uang yang akan dikeluarkan, dan tidak berfikir untuk cepat-cepat mengambil uang dari ATM, simpan uang cash ditempat aman, namun mudah terjangkau. Tetap bawa kartu debit maupun kredit untuk hal-hal yang tak terduga.




Selain itu, catat semua pengeluaranmu agar lebih terkontrol, saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa kita download untuk pencatatan keluar masuk uang kita lho. Apa ya pentingnya mencatat? agar kita tahu kemana larinya uang yang sudah dikeluarkan, dan kita bisa cek di pos mana kita terlalu boros. Jadi, bisa mengatur lebih baik untuk memotong pos-pos yang tidak terlalu penting.

Terakhir, Pilih tempat tepat untuk oleh-oleh

Saya termasuk orang yang kurang sreg kalau setelah bepergian tidak membawa apa-apa hehe, apalagi kalau sudah cuti dari kantor minimal ada buah tangan untuk teman-teman dan pak bos di kantor.

Pengalaman saya membeli oleh-oleh di pusatnya atau pasar tradisional akan lebih murah dan juga bisa memiliki banyak pilihan. Selain itu, kesempatan untuk menawar lebih terbuka lebar (suami saya jagonya urusan tawar menawar saya tinggal tunjuk saja hehe).

Pernah suatu kali karena tidak sempat mampir ke tempat oleh-oleh jadinya beli di bandara dan tentunya harganya dan pilihannya berbeda jika kita membeli langsung di pusat oleh-oleh :)

Jadi Tunggu apalagi, segera buka Traveloka dan cek tiket Lion Air, dan dapakan penawaran menarik untuk liburan hemat bersama keluarga tercinta. Selamat berlibur ya. 

 Xoxo,
Rani Ayuna

*) Artikel ini bersponsor namun dengan tambahan opini dan sudut pandang saya

2 comments:

  1. Pingin,, liburan tapi hemat,, bner banget mba,,, dh coba pake Traveloka memang ngebantu banget^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah sangat dipermudah dengan teknologi ya mba :)

      Delete