Monday, December 5, 2016

Weekend Visit: Asyiknya Bermain Peran di Kidzoona Grand Galaxy Park

Tahun lalu kami pernah bermain di Kidzoona di Aeon Mall dan belum pernah kembali kesana lagi bukan bukan karena tidak suka tapi karena jauh sekali dari rumah dan parkirannya cukup susah. Nah baru saja mendengar info kalau Kidzoona Aeon baru buka di Grand Galaxy Park dekat rumah langsung kesana weekend kemarin 26 November 2016. Gibran pun senang bermain seharian di Kidzoona full day dari pagi sampai sore lebih senang lagi karena sebelah pas arena bermain ini ada tempat ibadah yang luas dan bersih.

Nah, ternyata weekend ini 3 Desember 2016 ketika ditanya mau kemana Gibran langsung mantap mau ke Kidzoona lagi! okelah nak sambil ngumpulin 10 cap supaya bisa jadi member hehe. Keuntungan jadi member tentunya harganya jadi lebih murah.

Disini sekali masuk sudah termasuk dengan 1 pendamping karena anak wajib untuk didampingi ketika bermain. Barang yang kita bawa pun bisa ditaruh di dalam loker jadi ketika bermain bisa lebih bebas dan tidak terganggu harus menjaga barang.  Oh iya satu lagi jangan lupa bawa kaos kaki ya.

Kidzoona Grand Galaxy Park
Informasi Umum Kidzoona Grand Galaxy Park
Kira-kira apa ya yang begitu membekas sampai Gibran betah pake banget bermain di Kidzoona?  jangankan anak-anak orang dewasa saja suka. Seperti saya seolah menjaga anak padahal saya juga menikmati bermain di Kidzoona hehe :p



Di postingan ini saya mau membahas tempat yang paling disukai Gibran selain tempat mandi bola yang sangat luas itu, yaps tempat bermain peran yang dinamakan Pojok Mainan.

Kidzoona Pojok Mainan
Ada apa di arena Pojok Mainan?


























Arena Pojok Mainan menyediakan beragam permainan Role Play apa saja? anak-anak diajak untuk mengenal beragam profesi mulai dari koki, floris, polisi, pemadam kebakaran, pak pos, penjual burger sampai penjual sushi. Menarik? Ya tentu saja bahkan anak-anak bisa menggunakan kostum yang disediakan di tiap both tersebut.

Oh Iya jangan anggap sepele kegiatan bermain peran ini karena dengan bermain peran banyak sekali manfaat yang didapat, saya mengamati ketika gibran bermain dan mengobservasi beberapa perilaku yang nampak dari Gibran dan teman-teman di sekitarnya.

Bermain peran membantu anak belajar practical life skill.

Apa itu practical life skill (keterampilan kehidupan) ? Anak akan diajak untuk melakukan aktivitas basic dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa ini penting? karena anak tidak selamanya akan "disuapi" oleh orang tua, dengan mulai berlatih sejak dini maka anak akan berlatih untuk mandiri.

Ketika anak merasa "mampu" untuk mengerjakan segala sesuatu sendiri akan menumbuhkan kepercayaan dirinya dan akan merasa bahwa dirinya itu "usefull".

Hal sederhana semacam ini akan menjadi bekalnya di masa akan datang. Sebagai contoh sederhana, ketika anak bermain berpura-pura menjadi seorang koki saya memperhatikan Gibran sudah memahami bagaimana cara menyiapkan makanan yaitu mulai berbelanja bahan makanan, mencuci bahan makanan, memotong, memasak dan menyajikan makanan di meja.

Kidzoona Sushi Bar
My Lil Chef sibuk menyiapkan makanan favorit mamaya: Sushi

Memang belum sampai dia "paham" resep memasak itu apa di usianya yang 3 tahun ini, namun dengan mengenal step by step mengolah makanan sudah menjadi satu tabungan bekal untuknya.

Bagi beberapa orang mungkin beranggapan bahwa beberapa permainan memiliki gender misal memasak adalah permainan perempuan bermain mobil adalah permainan laki-laki, kalau saya melihatnya berbeda bagi saya permainan tidak memiliki gender misal memasak karena baik laki-laki maupun perempuan sah-sah saja jika berada di dapur.

Siapa yang suka melihat laki-laki pandai memasak? pasti kagumkan?

Bermain peran menumbuhkan empati

Ada satu yang jadi point of view ketika gibran bermain rumah rumahan (ya saya membebaskan anak untuk memilih permainan yang dia mau dan mencoba melihat mengapa dia tertarik).

Saat bermain rumah-rumahan di dalamnya tersedia boneka kakek, nenek, papa, mama dan dua anak. Gibran memainkan satu persatu peran boneka sambil bercerita. Saya menangkap dengan permainan seperti ini secara tidak langsung anak menunjukkan bahwa ia paham peran masing-masing anggota keluarga.

Saat bermain saya mendengar Gibran bercerita bahwa Nenek sedang sakit.
Gibran: "Nenek lagi sakit kakinya duduk dulu disini ya nanti dikasih obat sama Gibran ya Nek, Sakit ya Nek kakinya?"

Dari cerita yang dibuat Gibran saya jadi tahu kalau dia mencoba untuk berempati terhadap orang lain dengan mencoba merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Sebetulnya anak sudah berlatih empati sejak masih bayi misal ketika melihat bayi lain menangis maka dia pun ikut menangis.

Manfaat mengasah empati sangat banyak diantaranya anak mudah untuk membantu orang lain dan juga peduli serta mengurangi sifat agresif.

See? Jangan anggap sepele permainan seperti ini. Dari hal kecil akan membantu membentuk karakter anak di masa yang akan datang. 


Bermain peran membantunya bersosialisasi 

Di usia anak yang masih batita sebetulnya masih mengedepankan faktor "aku" jadi terkadang egosentris dan selfishnya masih kuat misal ketika bermain dan ada teman lain datang terkadang masih sulit untuk berbagi itu yang terjadi ketika Gibran awal masuk sekolah.

Namun, seiring dengan seringnnya berinteraksi dengan anak sebayanya sekarang mulai mau untuk membuka diri sharing dan bermain bersama.

Bermain peran menjadi salah satu media anak untuk bersosialisasi karena di Kidzoona adalah area publik maka anak akan bertemu dengan teman-teman yang baru. Saat awal bermain, Gibran masih asyik bermain sendiri seiring berjalannya waktu satu dua teman datang untuk bermain bersama.

Mereka baru pertama bertemu dan belum kenal sebelumnya. Saya melihat anak-anak lebih mudah untuk membuka pembicaraan dan berlanjut dengan bermain bersama dibanding orang dewasa yang terkadang mudah curiga ketika bertemu dengan orang pertama kali hehe.

Social skill seperti ini bagus untuk terus dikembangkan agar anak tidak apatis dan anti social, dengan bermain bersama juga membantu mengembangkan persepsi  bahwa segala sesuatu yang dikerjakan bersama akan lebih menyenangkan. 


Kidzoona Cooking Time
Memasak bersama teman-teman yang baru dikenal.

Bermain peran mengenalkan beragam profesi

Kidzoona tempat yang tepat untuk mengenalkan profesi kepada anak. Tempat yang paling senang dikunjungi Gibran adalah Pemadam Kebakaran dan Kantor Polisi (akhir-akhir ini Gibran lagi terpesona dengan action figure Robocar Poli ituloh mobil yang bisa jadi robot dan suka membantu yang sedang kesusahan, nah robotnya ada robot polisi dan pemadam kebakaran hehe).

Dengan bermain peran, anak akan menghayati apa yang biasa dilakukan oleh seorang polisi misalnya dan secara tidak langsung belajar antara hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Menurut saya dengan bermain lebih mudah untuk memasukkan pesan-pesan moral kepada anak dibanding dengan lisan saja.
Kidzoona Fire Station
Mamanya sudah siap photo anaknya belum dan nggak bisa diulang karena sudah keburu kabur
Kidzoona Police Officer
Fokus menembak di sasaran
Kidzoona Police Officer
Pak Polisi membuat panggilan untuk tim penyelamat

Bermain Peran membantu anak menemukan penyelesaian masalah dan berpikir kreatif

Saat bermain anak akan berkreasi dengan imajinasinya sendiri dan dibumbui dengan masalah yang dia buat sendiri, misal ketika menyetir mobil polisi tiba-tiba Gibran membuat skenario mobilnya berhenti tidak bisa jalan. Saya mengamati dia berusaha mencari solusi untuk menyelesaikan masalah dengan turun dari mobil dan berusaha memperbaiki ban mobilnya. Hal ini juga membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri bahwa dia berhasil menyelesaikan masalahnya.

Saat berperan sebagai floris juga memperlihatkan bagaimana anak berkreasi dengan imajinasinya untuk membuat sebuah alur cerita mulai dari membuka toko, melayani pembeli, menghitung di mesin kasir sampai memberikan uang kembalian. Bagian yang membuat Gibran bersemangat tentunya bagian membuka mesin kasir yang bisa berbunyi itu triiiing...

Kidzoona Police Station
Pak Polisi sedang bertugas mencari penjahat, dan penjahat itu adalah mamanya hehe
Kidzoona Flower Shop
Bermain menjadi floris sambil belajar berhitung

Selfie first
Oke Wefie dulu sebelum pulang :p
Jadi, Bermain peran selain menyenangkan tentunya membawa banyak manfaat bagi anak. Yuk masukkan ke list jadwal bermain peran bersama anak bisa di rumah atau di Kidzoona sama-sama menyenangkan  :)

Baca juga:
Practical Life Skill: Yuk Ajak Anak Memasak di Rumah



Xoxo,
Rani Ayuna

8 comments:

  1. Ini dkt rumah mertuaku mba, hihiii... Laen kali bisa nyoba ksini ah.. Tfs mbaaa...^^ selalu kaos kaki ya,..
    Gibran nampaknya betah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah perlu dicoba mba anak anak pasti suka dan betah main di kidzoona iya gibran betah sekali seharian hehe :)

      Delete
  2. Raniii... Itu di grand galaxi Bekasi kah?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul jeng di grand dalaxy park bekasi, yuk main bareng kangen sama ajeng :)

      Delete
  3. raniii...tante jd pengen ngajak anak2 ke kidzoona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dicobain pasti anak anak sukaaa :)

      Delete