Wednesday, November 16, 2016

Pentingnya MP-ASI Bernutrisi untuk Perkembangan Anak #150tahuncerelac

Kreasi MPASI

Ilmu dan pengalaman saya seputar dunia tumbuh kembang anak memang belum sampai tahap "superior" atau "master", sebagai seorang ibu baru di usia 25 tahun saya berusaha untuk belajar dan "mencecoki" diri untuk memahami Do and Dont's yang perlu saya ketahui untuk merawat anak termasuk asupan apa yang terbaik untuk anak sejak usia 0 bulan.

Baca juga:
Mendampingi tumbuh kembang anak di masa golden age

Saat ini Gibran sudah berusia 3 tahun jadi saya mulai sedikit lebih "pede" untuk sharing pengalaman dan ilmu berdasarkan apa yang sudah saya alami dalam proses trial error tentunya. Selain itu, pada 13 November 2016 lalu saya berkesempatan untuk mengikuti event #150tahuncerelac dengan tema “Kreasi MP-ASI Bernutrisi bersama Chef Steby Rafael” yang diselenggarakan di Main Atrium Kota Kasablanka bersama teman-teman dari KEB (Kumpulan Emak Blogger). Alhamdulillah acaranya seru, banyak ilmu yang saya dapat dan pastinya akan saya share dalam tulisan ini agar bisa memberikan manfaat bagi ibu-ibu lainnya.



150 tahun cerelac
Brand yang sudah dipercaya sejak 150 tahun hingga saat ini: Nestle
Sebelum saya sharing apa saja kreasi MP-ASI bernutrisi bersama Chef Steby Rafael berikut poin-poin penting atau yang paling dasar wajib untuk diketahui seputar MP-ASI.

Kapan anak diberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)?

Asupan terbaik bagi anak sejak usia 0-6 bulan adalah ASI yang kemudian dilanjutkan dengan MP-ASI. Mengapa 6 bulan? karena di masa 6 bulan, ASI tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak. Selain itu, sebelum usia 6 bulan enzim pencernaan anak belum berkembang dengan sempurna sehingga belum dapat mencerna makanan dengan baik. Sehingga usia 6 bulan adalah usia ideal bagi anak untuk pertama kalinya mendapatkan MP-ASI.

"Kondisi Khusus"
Saat saya mendengarkan seminar online Dr Tiwi (DSA anak yang terkenal itu lho) menjelaskan bahwa untuk kasus-kasus tertentu ada juga anak yang sudah diberikan MP-ASI di usia 4 bulan. Jadi, jika dirasa kondisi anak sedikit berbeda misal grafik berat badan yang terus menurus menurun atau
selalu di bawah standar ideal berat badan (lihat grafik KMS) serta perkembangan anak tidak optimal baik secara fisik maupun motorik maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke DSA agar pemberian MP-ASI tepat sasaran.

Pantau selalu perkembangan berta badan, tinggi badan dan lingkar kepala anak

Apa yang diberikan pertama kali untuk MP-ASI?

Banyak pendapat terkait hal ini, ada yang mengatakan buah, sayur dan juga tepung beras. Berdasarkan pengalaman saya pribadi dan melihat pengalaman teman-teman saya ke 3 hal tersebut sah-sah saja yang terpenting kuantitas dan tekstur penting untuk diperhatikan.

Saat pertama kali anak makan sebaiknya teksturnya diusahakan menyerupai tekstur asi jadi masih dalam bentuk encer agar pencernaan anak tidak kaget dan pelan-pelan beradaptasi. Jumlah makanan di awal 6 bulan juga masih dalam hitungan 3-4 sendok makan saja.

Pengalaman saya di kala trial and error (maaf ya nak) pernah membuat anak saya sembelit karena tekstur kurang lembut dan makannya yang diberikan terlalu banyak, lebih baik anak diberikan sering dengan porsi kecil dan durasi waktu sekali makan tidak melebihi 30 menit.

Tekstur makanan:
Usia 6 bulan: Sangat lembut dan mudah dicerna (dalam bentuk pure dan makanan yang dihaluskan)
Usia 7-8 bulan: Bertekstur dan berbutir (makanan saring seperti nasi tim saring dan finger food)
Usia 9-11 bulan: makanan lembek (misal nasi tim tanpa disaring)
Usia 12 bulan ke atas: anak mulai mengikuti makanan keluarga namun pastikan bumbu yang digunakan tidak terlalu tajam karena anak masih beradaptasi

MP-ASI rumahan atau pabrikan?

Di awal Gibran mulai makan, saya termasuk yang idealis dan belum melirik makanan bayi pabrikan. Setiap jam 4 pagi sebelum ke kantor saya menyiapkan makanan Gibran dan ketika weekend saya sibuk membuat Frozen Food berupa pure buah, sayur dan daging agar lebih praktis.

Baca Juga:
Resep Risotto Daging untuk usia 9 bulan plus
Resep MPASI: Gurame Bumbu Kukus (1 Tahun +)

Suatu ketika Gibran mengalami GTM (susah makan), saya pun berkonsultasi ke DSA dan diprediksi dari gejalanya anak saya kekurangan zat besi karena berkurangnya nafsu makan dan lesu sehingga diberilah suplemen zat besi tambahan.

Zat besi diperlukan untuk memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Oksigen ini yang akan membantu metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Bisa dibayangkan jika anak sampai mengalami anemia? tumbuh kembang anak pasti tidak optimal.

Saya sempat bertanya juga terkait MP-ASI pabrikan kepada DSA saya dan dijawab boleh-boleh saja diselingi dengan MP-ASI pabrikan. DSA saya menjelaskan bahwa tidak semua yang instan itu buruk, apalagi untuk makanan bayi jangan disamakan pengolahannya sama dengan makanan pabrikan pada umumnya.

Standar pengolahan untuk makanan bayi lebih tinggi dibandingkan makanan orang dewasa, mau tahu apa saja rules yang harus ditaati oleh pabrik yang membuat makanan bayi?
  • Makanan bayi pabrikan tidak boleh berpengawet sehingga menggunakan sistem freeze dry yaitu pengeringan bahan sebelum diolah tujuannya agar bakteri tidak dapat hidup.
  • Tidak boleh mengandung MSG
  • Bahan yang digunakan wajib bahan alami. Apabila di kemasan makanan bayi pabrikan tertulis Bubur Apel, Jeruk, Pisang maka bahan yang digunakan memang betul buah asli. Teknik yang digunakan adalah Teknik Penepungan (milling).
  • Makanan bayi pabrikan melalui proses fortifikasi atau penambahan gizi tertentu termasuk di dalamnya zat besi, DHA, Omega3. 
Tips menggunakan MP-ASI pabrikan:
  • Pilih perusahaan yang bonafide dan terpercaya akan kualitas produknya misal Produk Cerelac dari Nestle
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa
  • Perhatikan kandungan dan ingredients (kadar garam dan gula)
  • Pilih kemasan dalam kondisi baik (tidak robek, penyot dll)
  • MP-ASI instan dapat dikombinasikan dengan sayur, buah dan daging untuk menambah nutrisi.
Jadi menggunakan MP-ASI pabrikan pendapat saya secara pribadi sah-sah saja selama tidak terus menerus karena anak sebaiknya juga dikenalkan dengan cita rasa asli dari buah dan sayur secara langsung, yang terpenting makanan yang diberikan sudah mememuhi gizi yang dibutuhkan anak.

Apakah MP-ASI pabrikan dapat dikombinasikan dengan makanan segar?

Tentu saja bisa dan sangat baik karena anak mendapatkan gizi yang lebih lengkap. MP-ASI pabrikan dapat dipadu dengan sayuran, daging, ikan, susu maupun buah segar. saya akan berbagi resep oleh-oleh dari event #150tahuncerelac yang didemokan secara langsung oleh Chef Steby Rafael.

Kreasi MPASI
Chef Steby Rafael: "Proses penyeduhan bubur cerelac cukup dengan air hangat 40 derajat saja agar tidak merusak kandungan gizinya"


Resep MP-ASI bernutrisi oleh Chef Steby Rafael

Nah, ini dia contekan resep dari Chef Steby Rafael di acara #150tahuncerelac yaitu bubur sayuran ungu dengan cerelac wortel bayam labu, puding cerelac kurma madu, crepes cerelac apel pisang 

Kreasi MPASI Cerelac
Bahan dasar kreasi MP-ASI bernutrisi: Cerelac


Kreasi MPASI Cerelac
Searah jarum jam bubur sayuran ungu dengan cerelac wortel bayam labu, puding cerelac kurma madu, crepes cerelac apel pisang


Resep 1: Bubur Sayuran Ungu dengan Cerelac Wortel Bayam Labu
Usia: 6 bulan ke atas
Bahan:
  1. Siapkan 5 sendok makan cerelac wortel bayam labu
  2. 60 gram ubi merah atau ubi ungu dan 170 ml air hangat
Cara membuat:
  1. Kukus atau rebus ubi sampai empuk kemudian haluskan
  2. Campur ubi yang sudah dihaluskan dengan cerelac wortel bayam labu
  3. Aduk perlahan dengan air hangat
  4. Siap untuk dihidangkan
Resep 2: Puding Cerelac Kurma Madu
Usia: 1 tahun ke atas
Bahan:
  1. Siapkan 100 gr cerelac kurma madu
  2. 150 ml susu cair / air matang
  3. 2 butir telur
  4. 25 gram kurma, potong atau haluskan
Cara membuat:
  1. Campur cerelac dengan susu cair / air hangat suam kuku
  2. Masukkan telur kocok rata
  3. Masukkan kurma, campur hingga rata
  4. Tuang dalam cetakan/mangkuk
  5. Kukus 5-10 menit (tergantung banyak yang dikukus)
  6. Siap dihidangkan
Resep 3: Crepes Cerelac Apel Pisang
Usia: 1 tahun ke atas
Bahan crepes:
  1. 75 gr tepung terigu
  2. 1/2 butir telur
  3. 1/4 sdt garam
  4. 160 ml susu cair
  5. 1 sdt mentega bisa juga diganti unsalted butter (lelehkan)
Isi:
  1. 20 gr cerelac bubur susu pisang
  2. 150 ml air hangat
  3. 1 sdt margarin
  4. 8 buah pisang raja matang
Saus Apel:
  1. 1/2 buah apel, kupas, parut halus
  2. 1 sdt gula pasir
  3. 1 cm kayu manis batang
  4. 1 sdt maizena larutkan dalam 50 ml air
  5. 1 sdm keju parut
Cara membuat:
  1. Crepes: campurkan semua adonan hingga rata dan tidak menggumpal, panaskan teflon beri sedikit margarin kemudian dadar adonan seperti membuat crepes
  2. Isi: campur semua bahan isi aduk hingga rata dan halus. Panaskan wajan dan beri sedikit margarin masukkan pisang hingga harum dan matang angkat.
  3. Saus Apel: campur parutan apel, kayu manis dan gula pasir masak hingga harum masukkan larutan maizena masak hingga mengental angkat.
Cara penyajian:
  1. Ambil selembar crepes
  2. Letakkan pisang dan beri adonan isian
  3. Gulung dan potong potong
  4. Sajikan dengan saus apel
  5. Siap dihidangkan
Kegiatan hari itu ditutup dengan keseruan games mendemokan ulang resep dari Chef Steby Rafael, positifnya dengan mempraktekkan ulang jadi lebih ingat step by step cara memasaknya.

Kreasi MPASI Cerelac
Foala ini dia Crepes Apel Pisang ala saya, Mb Fitri dan Mb Lia


Jadi, sudah terbayang untuk memasak MP-ASI bernutrisi apa untuk si kecil hari ini? :)

Xoxo,
Rani Ayuna

 
 
 
 

30 comments:

  1. mantab euuy tulisannya, informatif sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mb Ade semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. Ringan namun mengena.. aq sbg paramedis jg bkn anti produk bayi intant. Tp aq mengutamkan home made.
    Smg yg baca mkin bnyk,dan Rani bs tulis dan berbagi materi2 lainnya..
    Pgn ktmu nih sm penulis cantik ini.. lebih dr 10th tentunya g prnh ktmu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Vina cantik lama tak jumpa ya, makasih ya sudah mampir. Sip semoga bisa terus nulis dan berbagi amiiin :)

      Delete
  3. Anakku yg ke-2 terpaksa MP-ASI dini Mba.. Dan sekarang dia lg sembelit nih :( Sepertinya karena aku terlalu bernafsu naikkin BB dia jadi kukasih porsi makanan yg cukup banyak dan mayoritas karbo juga protein. Baca tulisanmu aku jadi merasa diingatkan lagi. Mungkin nanti bikinnya lebih diencerkan dan jangan langsung banyak. Thx yaa, informatif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Leni coba dibuat lebih encer MP-ASI nya semoga si kecil segera hilang sembelitnya ya oiya jangan lupa air putihnya :)

      Delete
  4. Ternyata bubur bayi pabrikan kalau kreatif dpat dikombinasikan dengan makanan segar ya mbak. Aku jg dapat banyak ilmu dari acara itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak April jadi semkain bertambah nutrisi dan gizi untuk si kecil :)

      Delete
  5. Eh ku pikir anakmu masih bayi lho ternyata udah gede. Mamanya masih imut-imut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Helena juga masih imut imut titip kiss dedeknya :*

      Delete
  6. mama Rani mmg sangat cerdas bisa memilih MPASI terbaik utk Gibran, aku pun suka pake bahan segar dan instan buat mamamnya syadid, yg penting dia gak kelaparan nunggu emaknya masak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mb Liaaaaa, haha setuju mbak yang oenting anak sehat dan happy sudah praktek lagi belum bikin crepes apel pisang :)

      Delete
  7. OMG...Baruu tauuuu blogger ternyata koncokuu iki..Klo ada workshop/seminar2 akuu diinfo2 poo Ran..Play date Gibran Devano jugaaa yuuuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Uthe kah? karena ga ada namanya hehe. Blogger pemula mencoba menyalurkan hobi menulis sambil sharing informasi. Boleh yuk playdate Gibran Devano :)

      Delete
  8. Wah udah tua juga ya cerelac udah 150thun aja... berarti sebelum merdeka udah ada ini kali ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebelum merdeka sudah ada mas Adhi, sekarang tentunya produk cerelac semakin inovatif :)

      Delete
  9. thanks ya mak.Informasinya lengkap banget, aku baru tahu kalau mpasi instan bisakita kombinasikan sm bahan makanan segar lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb ayu akhirnya dapat ilmu baru mengolah MP-ASI dengan ikut acara #150tahuncerelac ya :)

      Delete
  10. Awal tahu cerelac sudah 150 tahun, serius...kaget

    ReplyDelete
    Replies
    1. So do i mba Eni berarti brand cerelac nestle ini memang sudah dipercaya oleh nenek moyang kita sampai sekarang ya :)

      Delete
  11. Apapun itu, kita selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak ya mba rani. Thanks pencerahannya :)

    ReplyDelete
  12. PErlu dibookmarklah ini info MP-Asi buat mbak juga temen2 di skitarku hhee
    TFS ya mbak.e :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga sharing saya bisa bermanafaat ya mba :)

      Delete
  13. Replies
    1. Terima kasih Mb Lubena sudah mampir :)

      Delete
  14. saya biasanya kombinasi mba, kalo lagi cape ya pasti yg instan kalo lg senggang pasti bikin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Kania, kombinasi juga bagus yang terpenting nutrisi anak tercukupi ya :)

      Delete
  15. Eh kok saya yang ngiler ya liat foto dan resepnya hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mba dicoba enak kok orang dewasa aja suka hehe :)

      Delete