Instagram

Follow @raniayuna

Friday, August 26, 2016

3 Langkah Mudah Membangkitkan Semangat Nge-Blog



Saya memiliki personal blog ini sejak tahun 2012 namun hanya sesekali saya tengok dan jika ingin menulis baru saya tambahkan satu-dua postingan hingga rasanya blog saya ini sudah bersarang laba-laba dan berdebu.  Tahun 2013 saya disibukkan dengan kelahiran anak pertama saya dan seputar pekerjaan, hingga akhirnya saya mulai menyadari saya memerlukan wadah untuk menuangkan aspirasi dan menyalurkan hobi saya untuk menulis. Di dunia Psikologi untuk merelief stress atau mengeluarkan pikiran yang terpendam perlu adanya proses katarsis sehingga bisa kembali fresh dan kembali di posisi netral. Nah katarsis saya ini dengan menulis hehe. Oke ini bukan membahas topik katarsis next episode saja ya sekarang kembali ke topik untuk membangkitkan semangat untuk nge-blog.

Nah ini dia, 3 langkah sangat sederhana namun saya rasakan cukup efektif untuk membangkitkan semangat saya untuk mulai menulis di blog lagi, semoga yang membaca jadi ikut bersemangat ya. 3 langkah ini tentunya mudah dilakukan karena saya juga masih pemula di dunia blog. Saya yakin semua orang pasti bisa mengikuti langkah-langkah ini.
  


1. Update Tampilan Blog

     Tampilan blog bisa memperbaiki mood lho untuk menulis. Ibarat rumah lama yang catnya sudah usang kemudian dicat ulang. Bagaimana rasanya? pasti ada suasana yang berbeda bagaikan menempati rumah baru lagi. Begitu juga dengan blog, dengan melakukan perubahan mendasar yaitu memperbaharui template blog misal dengan menata ulang tema, warna, tata letak layout pasti akan ada rasa yang berbeda. Jadi, mengupdate tampilan blog menjadi langkah pertama saya untuk mendapatkan feel dan semangat untuk kembali menghiasi blog saya dengan tulisan-tulisan. 

    Template kita bisa memilih apakah menggunakan free template yang tersedia dari blogspot, free download template dari beberapa website yang menyediakan template tidak berbayar atau membeli template yang sudah jadi dari penyedia jasa design template blog. Saya sudah pernah berganti-ganti template dan mencoba ketiga cara tersebut. Penentuan template ini juga bergantung dari selera masing-masing ya apakah tema yang disukai adalah yang simple atau colorful.

    Pengalaman saya menggunakan Template dari blogspot, Blogspot telah menyediakan berbagai macam template mulai dari yang simple sampai rame/meriah. Saya secara pribadi lebih suka dengan model template yang terlihat bersih dan tidak terlalu banyak hiasan agar ketika ada yang berkunjung ke blog kita fokus utama adalah artikel sekali lagi kembali ke selera masing-masing ya. Bagi penyuka tipe blog yang clean dan simple bisa memilih template jenis SIMPLE dan kita bisa sesuaikan lagi untuk background, garis tepi, warna bingkai gambar dan lain-lain.

    Beragam jenis template yang disediakan Blogspot

    Pengalaman saya menggunakan Template hasil download gratisan, Template yang sudah siap pakai juga bertebaran kalau kita mau meluangkan waktu untuk browsing. Hasil browsing saya menemukan web gooyaabitemplates.com yang menyediakan template gratis untuk blog. Saat itu saya menemukan template bertemakan shabby chic dan sempat saya gunakan agak lama seperti ini:

     


    Sayangnya, template yang gratisan ini ada beberapa area yang sudah dikunci dan tidak bisa diutak atik. Sebagai contoh lebar kanan kiri dari blog, warna garis, background dan lain-lain (kebijakan dari designer template kemungkinan bisa berbeda-beda) sehingga saya menjadi agak kesulitan untuk menyesuaikan dengan keinginan saya. Beberapa kali ketika saya ingin mengganti template dengan yang lain sempat terjadi error yang saya tidak pahami asal muasalnya hingga akhirnya saya mencoba merubahnya kembali ke template basic blogspot dan membuang semua widget bawaan dari template tersebut baru kemudian saya ubah dengan template yang lain (ada yang tahu kenapa? mungkin saya yang masih kurang ilmu untuk menggunakan template gratisan ini padahal modelnya banyak dan bagus-bagus). Saran saya jangan ragu untuk mencoba-coba template gratisan ini yang terpenting template lama kita dibackup terlebih dahulu agar ketika terjadi “kekacauan” kita bisa langsung mengembalikan ke template semula.


    Cara membackup template sebagai berikut:
    Pilih menu di kanan atas Backup/Restore kemudian pilih Download Full Template

    Pengalaman saya menggunakan Template dari penyedia jasa design template, Cara ketiga ini baru saja saya coba terima kasih untuk mba handdriati yang saya kenal dari komunitas blog yang sudah membantu saya di kala saya kebingungan mengutak atik template blog gratisan. Jadi, template ini tentunya sudah ready, siap pakai dan plusnya masih bisa kita utak atik layout, warna, background seperti halnya menggunakan template bawaan dari blogspot. Dari sisi harga tentunya beragam, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing ya.  

     

    Widget

    Sebelum saya mengenal esensi dari widget, dulu saya suka menambahkan widget yang tujuannya cuma untuk mempermanis tampilan namun fungsinya kurang bermanfaat. Setelah saya belajar dari membaca dan sharing dengan teman sesama blogger bahwa lebih baik widget yang dipasang itu memang bermanfaat dan berguna karena banyaknya widget yang dipasang akan mempengaruhi kecepatan blog kita loading ketika ada yang berkunjung. Pasti kita juga pernah mengalami ketika mau membuka suatu website loadingnya lama pada akhirnya kita tidak sabar menunggu dan menutup website tersebut. Nah jangan sampai terjadi seperti itu, maka saya pun mulai selektif memilih widget apa yang akan saya pasang di personal web blog saya.

    Top 5 widget yang bermanfaat untuk ada di blog:
    1. About Me (Yuk lihat cara mempercantik tampilan About Me dari teman saya Dewi Ratih Purnama Sari disini)
    2. Contact Me
    3. Search
    4. List Article
    5. Popular Post
    Poin penting dari ke 5 widget di atas adalah widget tersebut bertujuan untuk mempermudah pengunjung melakukan pencarian. Baik pencarian dari siapa pemilik blog, bagaimana cara mengontak pemilik blog, pencarian judul artikel, pencarian artikel apa yang sedang popular dibaca pengunjung dst. Sekali lagi intinya mempermudah.

    Header Blog
    Header/Logo blog ini cukup penting karena menjadi point of view ketika membuka blog.  Bagi yang belum lihai menggunakan Adobe Photoshop masih bisa kok membuat Header yang kece hehe. Mau tahu cara yang paling sederhana ini?

    Cari situs pembuat header/logo gratis
    Dari situs ini kita akan diberi kesempatan mendesign logo secara gratis dan bisa mendownloadnya. Keuntungan menggunakan situs ini adalah berbagai jenis font tersedia dan kita hanya perlu menyusun kalimat header yang diinginkan, edit warna, edit jenis font, edit besar kecil tulisan dan terakhir kita bisa mendownload logonya.

    Hasil pencarian saya ada beberapa situs yang bisa kita manfaatkan untuk membuat free header/logo salah satunya yang mudah adalah cooltext.com



    Membuat header/logo dengan media powerpoint
    Eits jangan mengernyitkan dahi dulu ya hehe, ini memang pemikiran saya yang paling basic banget tetapi cukup membantu dan memudahkan saya yang belum lihai ber-adobe photoshop. Caranya buka powerpoint kemudian desain saja header yang kita inginkan jika font yang kita punya masih terlalu biasa banget kita bisa mendownload dulu font-font yang cantik yang tersedia gratis seperti di www.dafont.com. Setelah proses desain selesai kita klik kanan tepat di logo yang telah kita buat save as picture jadi deh header/logo untuk diupload ke blog.


    Percantik postingan artikel dengan tampilan visual (foto)
    Proses editing foto merupakan salah satu bagian penting dari salah satu tahapan penulisan blog sebelum mempublish suatu artikel. Artikel akan terasa sepi, monoton dan kurang bernyawa jika tidak didukung dengan tampilan visual berupa foto. Saya pernah mengalami membuka artikel sebuah tutorial yang hanya berisi tulisan tahapan per tahapan tanpa adanya Informasi visual alhasil saya bingung dan ragu ketika mengaplikasikannya karena saya khawatir tahapan yang sudah saya kerjakan sudah benar atau belum karena saya tidak bisa membandingkan tampilan yang terlihat di komputer saya dengan tampilan yang dipaparkan oleh penulis blog tersebut.

    Trik saya untuk mempersingkat waktu mengedit foto adalah dengan memanfaatkan aplikasi mengedit foto yang tersedia di smartphone.

    5 aplikasi favorit saya untuk edit foto di smartphone:

    VSCO Cam
    Aplikasi ini banyak saya gunakan untuk menghasilkan foto yang lebih bersih dan cerah. Di dalam aplikasi tersedia banyak pilihan filter yang siap digunakan dan masih bisa kita atur dari sisi exposure, contrast, sharpen, saturation dan masih banyak lagi. Coba deh sudah banyak yang jatuh cinta juga dengan aplikasi edit foto satu ini.

    Salah satu hasil edit foto menggunakan VSCO Cam. Kiri sebelum dan Kanan sesudah.
    Fotorus
    Di dalam aplikasi fotorus, selain filter yang disediakan juga beragam kelebihan lain di dalam aplikasi ini ada fitur scene yang bisa gunakan sesuai kebutuhan misal portrait untuk foto selfie, food untuk foto makanan, retinex untuk foto ala infra red, Object untuk foto yang berfokus pada suatu benda dan masih banyak lagi.


    Moldiv
    Aplikasi ini saya gunakan untuk membuat collage photo bisa sampai 9 photo dalam satu frame. Cara editnya mudah dan background dapat kita sesuaikan. Selain itu yang menarik dari aplikasi ini memiliki layout frame yang beragam. 

    Phonto
    Bagi kalian yang suka foto dengan menggunakan text atau membuat quote bisa mencoba Phonto. Aplikasi untuk menambahkan text di foto dengan beragam model font. Aplikasi ini juga menyediakan template kosong untuk kita beri text. Saya suka dengan template kosong putih atau model kertas bergaris kemudian bisa kita tambahkan text berupa quote. 

     
    Photo Director
    Aplikasi ini saya gunakan untuk background eraser jadi kita hanya mengambil bagian benda saja dan menghapus backgroundnya sehingga dapat menonjolkan obyek/benda sehingga focus view lebih jelas. Aplikasi ini tentunya juga mudah digunakan dan user friendly.

     

    2. Bergabung di beberapa komunitas blogger

    Setelah proses bersih-bersih tahap awal telah saya laksanakan. Tahap selanjutnya adalah bagaimana caranya agar semangat untuk menulis tidak lekas padam hehe. Saya memutuskan untuk mulai mencari support system di dunia menulis. Mengapa support system? Karena dengan adanya support system maka akan terjalin silaturahmi, kebersamaan, dapat saling bertukar Informasi, update informasi terbaru, saling memberi masukan, bisa benchmark sehingga skill menulis akan semakin terasah dan ide akan terus berkembang.

    Pilih komunitas blogger yang memiliki kesamaan visi dan misi (berat ya bahasanya hehe) intinya yang sesuai dengan kesukaan, hobi atau tema dari blog kita. Sebagai contoh apabila senang menulis seputar dunia kecantikan bisa bergabung dengan komunitas beauty blogger atau menyenangi dunia makanan bisa bergabung komunitas food blogger. Satu pesan jangan patah semangat ketika kita mendaftar dan belum diapprove oleh admin komunitas blogger ya mungkin adminnya masih sibuk hehe. Cari saja sebanyak-banyaknya yang sesuai dan daftar sekarang. Saya merasakan banyak sekali manfaatnya sejak bergabung ke beberapa komunitas blogger. 

    3. Pindahan  rumah (dari blogspot.com menjadi .com)

    Terakhir yang saya lakukan untuk semakin menambah semangat saya dalam menulis blog adalah pindahan rumah sebetulnya ini tidak mutlak karena banyak juga blogger yang setia menggunakan domain blogspot.com ini keinginan saya saja secara pribadi untuk menggunakan personal web pribadi dengan akhiran .com untuk memotivasi saya semakin rajin untuk menulis karena feel-nya lebih personal. Cara pindahan domain juga simple dan mudah saya belajar disini

    Itulah ke 3 langkah mudah yang saya lakukan untuk membangkitkan semangat untuk menulis di blog lagi. Semoga bermanfaat bagi yang blognya mulai bersarang laba-laba dan berdebu yuk mulai beberes dan mulai aktif menulis. Feel Free kalau mau sharing jurus jitu meningkatkan semangat untuk menulis blog versi kalian ya di kolom komentar.

    Xoxo

     

    8 comments:

    1. Praktis juga, ya. Bikin logo dengan PowerPoint. Saya dulu nggak kepikiran. :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. yuk dicoba pasti bisa karena ini mudah sekali cuma modal power point hehe :)

        Delete
    2. Aku masih jarang gonta ganti template nih...padahal bikin refresh yaa mak.. ga mo repot xixi.. Aku pake free template juga, pengen ganti2 warna fontnya ternyata ga bisa hihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mak jadi pengen mandangin blog terus (lha kapan nulisnya hehe), iya mak kalau free template ada bagian yang dikunci hiks :)

        Delete
    3. mak jang. baca postingan rani, gw jadi lupa udah kelamaan gak pernah ngeblog lagi.
      baiklah.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hai Diksiiiii, ayo nulis lagi pasti sudah banyak cerita yang belum dishare kan? semangat semangat :D

        Delete
    4. bermanfaat bgt mbak, butuh nih info2 app terbaru. semangat nge-blog ya mak *teriakkedirisendiri

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah alhamdulillah kalau bermanfaaat, hehehe iya mak semangaaaat!!! :D

        Delete