Tuesday, June 28, 2016

Practical Life Skill: Yuk Ajak Anak Memasak di Rumah

Awalnya secara tidak sengaja Gibran jadi suka membantu mamanya memasak di dapur, setiap saya terlihat sibuk di dapur dia selalu mendekat dan bilang "mau bantu mama". Saya pikir memasak bukan hal yang tabu bagi anak laki-laki so why not, yaps this is practical life skill. Saya teringat saat saya membelikan satu set mainan play doh dan ketika itu ada saudara datang ke rumah melihat gibran asik mencetak dan memotong seolah sedang membuat kue ada yang bilang "kok anak laki main masak masakan" hehe saya hanya tersenyum dan menyampaikan kegiatan memasak bukan hanya untuk anak perempuan lho tapi ini keterampilan dasar baik untuk laki laki dan perempuan. Kegiatan saat ini walau usianya masih 2 tahun akan direkam dalam memorinya dan pastinya akan berguna suatu saat. 

Apa siy kegunaan anak belajar practical life skill sejak kecil khususnya memasak? 


1. Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak karena merasa dipercaya untuk membantu mengerjakan pekerjaan di rumah dan membuatnya merasa berkontribusi di dalam keluarga (penting moms)

2. Menambah pengetahuan tentang bahan-bahan masakan bisa menambah kosa kata dan secara tidak langsung belajar math lho karena dia akan belajar tentang mengukur takaran. 

3. Anak akan lebih bersemangat memakan apa yang sudah dia buat sendiri. 

4. Bonding time dengan anak, setiap anak berhasil melakukan sesuatu misal menuang adonan dari satu wadah ke wadah lainnya berilah reward dengan pelukan dan ciuman kalau berantakan jangan diomelin ya moms sudah pasti kalau anak ikut membantu akan double berantakannya hehe. 

5. Mengurangi screen time anak (nonton tv, main gadget dll) dan membuatnya lebih aktif bergerak.

Berikut kegiatan yang kami lakukan berdua, tentunya bahannya mudah dan simple moms

Membuat mashed potatoes
Bahan:
Kentang
Susu
Keju
Unsalted butter (bisa diganti margarin jika suka)
Cream (optional saya tidak pakai)

Cara membuat:
1. Kupas kentang kemudian rebus diberi garam sedikit di air nya.
2. Setelah kentang lunak hancurkan menggunakan smasher atau garpu
3. Campur dengan susu, keju dan unsalted butter dalam satu wadah kemudian campur dengan kentang yang sudah dihancurkan di teflon bisa ditambahkan merica sedikit jika suka,
4.Saring untuk hasil yang lebih lembut

Tentunya aktivitas yang dilakukan anak disesuaikan umur dan  kebisaannya misal saya belum memberinya akses ke kompor cukup dengan kegiatan mengaduk, menuang, membantu menakar, membantu menyaring jadi jauhkan dulu dari bagian yang dirasa berbahaya di dapur dan berikan pengawasan ekstra ya moms.


Menyiapkan bahan untuk memasak
 
Smashing the potatoes
Let me try mom
Mencampurkan adonan di dalam wadah dahulu supaya anak tidak terkena panas kompor kemudian  baru dipanaskan di teflon
Yummy Mom
 
Silahkan mencoba yuk ajak si kecil terlibat ya moms.


No comments:

Post a Comment