Sunday, June 26, 2016

Me time: Decoupage Papan Nomor Rumah

Sejak dulu saya sudah bercita cita kalau sudah punya rumah sendiri, inginnya punya papan nomor rumah seperti di Film Up bentuknya Kotak Pos yang dicat dan dihias sendiri hehe tetapi sampai sekarang cari-cari yang jual Kotak Pos sulit mungkin karena sudah jarang orang yang mengirim surat ya hehehe. 

Suatu ketika saya melihat postingan di instagram tentang Decoupage dan juga menjual starter kitnya plus bisa pesan papan kayu untuk nomor rumahnya sekaligus. Saya mencoba belajar otodidak decoupage melalui youtube salah satunya melalui Youtube Decoupage Cupboard  jadi dapat beberapa gambaran dasar tentang apa dan bagaimana cara mengerjakan decoupage (awalnya pengen ikut workshop decoupage hehe tetapi belum ada waktu). 



Berikut Starter Kit Decoupage yang saya dapat:

Cat warna (Mint), Cat Dasar Putih, Lem Decoupage, Varnish Doff (Bisa dipilih Jenis Glossy/Doff)


Paper Decoupage (Bisa juga pilih yang jenis Napkin/Tissue)

Nomor Rumah Bahan Kayu

Cara membuat Decoupage di media kayu:

1. Beri alas koran sebelum memulai agar tidak megotori lantai, Amplas dahulu kayu agar bersih dari debu dan halus kemudian beri cat dasar warna putih (saya ulang cat putih hingga 2 kali saja). Kalau mau mengulang lapisan cat tunggu sampai kering dahulu ya lapisan pertamanya. Setelah cat dasar sudah kering bisa diberi cat warna sesuai keinginan.

2. Gunting paper decoupage semepet mungkin dengan gambar.

3. Beri lem pada paper decoupage dan tempel di media setelah tertempel beri lem lagi di atas permukaan papernya. Terakhir diberi varnish dan diamplas untuk menghaluskan tampilannya. Selesai. Mudahkan? 




Tips:
* Media yang kita pakai bisa juga tidak dilapis cat dasar putih tetapi akan lebih banyak menghabiskan cat warna karena harus dilapis berulang-ulang untuk memunculkan warnanya. 

Selamat mencoba decoupage ya.


No comments:

Post a Comment